Di Era Taufan, Parepare Raih Kota Sehat Level Tertinggi

Komentar Dinonaktifkan pada Di Era Taufan, Parepare Raih Kota Sehat Level Tertinggi

222

Parepare – Warga dan masyarakat Kota Parepare patut berbangga soal kesehatan kota. Catatan prestasi Parepare sebagai kota sehat kembali memasuki tahapan penilaian di pertengahan tahun 2017.

Dalam kiprah penyelenggaraan kota sehat yang resmi digelar tahun 2005 lalu, Parepare tercatat sudah empat kali meraih penghargaan kota sehat. Hal ini terungkap dalam Pengukuhan Forum Kota Sehat yang dihelat pada Kamis (06/07) di Barugae, Kompleks Rumah Jabatan Walikota Parepare.

Dalam penilaian kota sehat yang berlangsung pertama kali pada tahun 2007 lalu, Parepare langsung meraih penghargaan kota sehat kategori swasti saba padapa. Padapa merupakan klasifikasi penghargaan untuk kelas pemantapan bagi kabupaten/kota.  Penilaian kota sehat berlangsung dua tahun sekali. Pada penilaian kota sehat berikutnya tahun 2009 dan tahun 2011, Parepare kembali meraih penghargaan kota sehat kategori wiwerda.  Wiwerda merupakan penghargaan kota sehat yang diberikan kepada kabupaten/kota untuk kategori pembinaan.

Sambutan dan Arahan Bapak Walikota PArepare DR. H.M. Taufan Pawe, SH., MH

Sempat absen dalam perhelatan kompetisi kota sehat pada tahun 2013, Parepare kembali unjuk gigi pada tahun 2015. Melalui tangan dingin walikota terpilih saat itu, DR. H. M. Taufan Pawe, SH. MH, Parepare sukses meraih penghargaan kota sehat kategori kelas puncak yaitu swasti saba wistara. Wistara merupakan penghargaan terbaik kota sehat dengan kualifikasi penilaian tertinggi. Taufan mencatatkan dirinya dalam sejarah bagi kota kelahiran mantan presiden ketiga RI, Prof. BJ. Habibie, sebagai wali kota pertama yang meraih kota sehat empat kali.

“Saya berharap dukungan seluruh pihak mulai dari tingkat forum kota sehat hingga seluruh kepala SKPD yang tergabung dalam tim pembina kota sehat agar wistara bisa kembali kita raih di tahun ini,” ungkap taufan sesaat setelah melantik Pengurus Forum Kota Sehat periode 2017-2019.

Penghargaan kota sehat disebut juga swasti saba terbagi menjadi tiga tingkatan. Tingkatan pertama adalah swasti saba padapa atau kategori pemantapan. Tingkatan kedua adalah swasti saba wiwerda atau kategori pembinaan. Dan tingkatan tertinggi adalah swasti saba wistara atau kelas pengembangan. Parepare menargetkan pada tahun 2017 ini akan mempertahankan swasti saba wistara. (nir)