Musrenbang Anak dilaksanakan di Kebun Raya JompiE Parepare

Komentar Dinonaktifkan pada Musrenbang Anak dilaksanakan di Kebun Raya JompiE Parepare

Parepare – Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak yakni anak-anak sebagai peserta dalam musrenbang tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Konservasi Kebun Raya JompiE, Kota Parepare, Rabu 1 Maret 2017. Jumlah isu-isu aktual dibahas dalam Musrenbang Anak kali ini, diantaranya, Kota Layak Anak dan Sekolah Ramah Anak, isu terkait pemenuhan Fasilitas Publik Anak, Pemenuhan Hak Anak Terhadap Kesehatan dan Pendidikan, serta Perlindungan Hukum bagi Anak.

2

Kepala Bappeda Parepare, H. Iwan Asaad, AP., M.Si mengatakan, Bappeda mengikutsertakan ratusan anak-anak dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Tak hanya itu, anak-anak yang putus sekolah, penyandang disabilitas, anak dari keluarga tidak mampu, dan anak yang memiliki bakat, juga diikutkan dalam Musrenbang tersebut.

“Anak-anak diberi kesempatan dan ruang, untuk memberikan pemikiran dan masukannya, serta berpartisipasi dalam memajukan Parepare. Apalagi, partisipasi dan antusias anak-anak dalam mengikuti Musrenbang ini, sangat tinggi dan itu harus diapresiasi,” ungkapnya.

1

Walikota Parepare, Dr. HM. Taufan Pawe, SH, MH menjelaskan, “Pemerintah akan memberi kesempatan kepada anak-anak, sebagai generasi penerus yang akan merasakan dampak pembangunan yang telah dihadirkan. Sehingga, anak-anak harus diberi ruang dalam menyampaikan aspirasinya didalam forum Musrenbang Anak ini”, jelasnya.

Taufan mengatakan, “anak harus mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah. Melalui Musrenbang anak ini, diharapkan mampu mengidentifikasi kebutuhan dan harapan yang diinginkan anak-anak, serta melahirkan konsep-konsep pembangunan yang menjadi prioritas bagi anak-anak. Musrenbang ini nantinya tidak terlepas dari hak-hak anak yang harus diimplementasikan oleh Pemerintah Kota. Apalagi, kami telah berhasil membangun Parepare dengan perencanaan yang kuat dan transparan,” jelasnya.

3

Ibu Walikota Parepare, Hj. Erna Rasyid Taufan, SE turut hadir sebagai pemateri dalam Musrenbang Anak tersebut. Dalam membawakan materi Erna Rasyid mengatakan, “Kami memberikan ruang dan hak kepada anak untuk mendukung Program Pembangunan di Kota Parepare yang lebih baik. Kami tentunya berharap partisipasi dan aspirasi dari anak-anak karena pembangunan ke depan tidak lepas dari isu anak”, ungkapnya. (adm).

4

5