Mutakhirkan Data Wilayah Parepare, Pemkot Gelar Pelatihan Bersama LAPAN

Komentar Dinonaktifkan pada Mutakhirkan Data Wilayah Parepare, Pemkot Gelar Pelatihan Bersama LAPAN

Parepare- Pemerintah Kota Parepare dalam memutakhirkan data wilyah kelurahan dan kecamatan se-kota Parepare, melalui bagian Pemerintahan Kantor Secretariat Daerah Kota Parepare menggelar Pelatihan  Pemutakhiran Data Luas Wilayah Administrasi Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Parepare. Dengan menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan menghadirkan pemateri yang handal dalam bidang pengideraan jarak jauh, pelatihan yang di gelar di Kantor LAPAN Kota Parepare diikuti seluruh perwakilan Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Parepare. Senin, (19/09)

Kabag Pemerintahan, Hj Hatina dalam laporan kegiatannya menjelaskan pelatihan pemutakhiran data yang dilaksanakan pada tangga 19-26 September 2016 bertujuan untuk pemutakhiran data dan penegasan wilayah antar kecamatan dan kelurahan dan Kota Parepare.

Kepala LAPAN, Sultan Tahir Ali pada sambutannya di depan Walikota menjelaskan mengenai sistem dan cara kerja lapan dalam mendukung kerja-kerja pemerintah daerah “lapan sebagai badan antariksa siap mendukung kerja pemerintah dengan memberikan bantuan apapun terkait pengideraan jarak jauh”, Tegasnya.

Dalam sambutan Walikota Parepare, DR. HM Taufan Pawe memberikan apresiasi yang sangat tinggi karena dinilai Pelatihan tersebut dapat memberikan edukasi dan kontribusi yang tinggi dalam mendukung kerja-kerja pemerintah kedepan khususnya pemetaan wilayah.

Walikota menceritakan kasus kepemilikan lahan yang ada di batas kota yang diklaim oleh orang tertentu menjadi dasar pentingnya mengetahui batas wilayah secara jelas “Secara administrasi pemerintahan, komponen wilayah itu sangat penting dan menjadi wajib diketahui, apalagi kita di dukung dengan teknologi canggih yang dimiliki LAPAN”, Jelasnya.

Taufan menambahkan, dengan kewenangan dan fungsi yang dimiliki pemerintah daerah para aparatur pemerintah perlu mengetahui batas-batas dan luas wilyah yang dimiliki. Terkait pelatihan tersebut, Taufan menghimbau agar pelatihan pemutakhiran data dilaksanakan secara berkesinambungan dengan menghadirkan tenaga pengajar yang lebih professional, “kalo perlu kita libatkan Kodim mengenai batas batas territorial di Kota Parepare. Kedepan Eselon dua juga dilibatkan untuk menambah pengetahuan mereka”, tambah Taufan diakhir sambutannya.

Selain dihadiri perwakilan dari kelurahan dan Kecamatan, pembukaan pelatihan ini juga dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan Rusman Rahman bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare. (Pk)