Parepare Segera Terapkan Smart City

Komentar Dinonaktifkan pada Parepare Segera Terapkan Smart City

Walikota Parepare, HM. Taufan Pawe menghadiri acara Indonesia Smart City Forum (ISCF) yang berlangsung di ballroom Hotel Trans Luxury, Bandung, Jumat (2/9/2016).

Acara yang digagas oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Walikota Bandung ini mendapatkan sambutan positif dari semua Kepala Daerah yang sempat hadir. Acara ini dibuka langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur yang mewakili Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Dalam forum yang mengusung tema “Identifying Challenges and Solutions to Develop Smart City for Better Tomorrow”, Menteri Asman Abnur memerintahkan agar Kepala Daerah untuk segera menerapkan program smart city yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Dan kedepan Indonesia Smart City Forum seperti ini akan dijadikan program tahunan yang wajib untuk diikuti oleh seluruh Kepala Daerah.

“Forum ini merupakan arena pembelajaran bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Seperti kota Surabaya, Bandung dan Jakarta yang sudah menerapkan sistem ini, kiranya dapat menjadi benchmark bagi kemajuan berbagai daerah di Indonesia”, ujarnya.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil pun dalam kesempatan ini menawarkan kerjasama secara gratis kepada seluruh Kepala Daerah untuk program smart city yang telah diterapkan di Kota Bandung. “Mari kita berkolaborasi bukan berkompetisi demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai”, imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Humas yang mendampingi Walikota melalui akun Whats Up pribadinya mengatakan, Walikota Parepare telah menyatakan komitmennya untuk segera menerapkan program smart city di Kota Parepare. “Secepatnya Pemerintah Kota akan menerapkan program ini apalagi semangat pak Habibie yang menginginkan agar Kota Habibie yaitu Kota Parepare agar tidak ketinggalan dengan kota – kota lainnya dalam menerapkan smart city”, terang Hamka.

Dikatakan Hamka, beberapa program smart city sudah direncanakan untuk diterapkan tahun depan di Kota Parepare diantaranya penerapan e-budgetting dan e-planning. Selain itu, program smart city dibidang pendidikan dan kesehatan serta pelayanan PDAM juga kedepan akan dicoba untuk diterapkan. (Pk).