BPKP Bimbing Pemkot Tingkatkan Kinerja

Komentar Dinonaktifkan pada BPKP Bimbing Pemkot Tingkatkan Kinerja

bpkp

Parepare – Tim evaluasi  Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) melakukan evaluasi terhadap kinerja Pemerintah Kota Parepare selama delapan hari (22-29 September 2017). Tim yang berasal dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ini mencermati sejumlah dokumen perencanaan SKPD dan memberikan masukan perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang ditemukan. Evaluasi dokumen ini dilakukan di ruang konsultasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Menurut Sekretaris Bappeda, EW. Ariyadi, ST, MT, evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja pemerintah kota.

“Evaluasi ini sekaligus menjadi proses belajar bagi kami bagaimana menyusun dokumen perencanaan berdasarkan indikator kinerja yang tepat. Kami sangat mengapresiasi kedatangan Tim BPKP, karena memberi banyak bimbingan bagi kami dalam rangka upaya meningkatkan kualitas kinerja pemerintah kota,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan Kasubag Program dan Keuangan Bappeda , H. Andi Ardian Asyraq.R.S.Sos,M.Si . “Tim evaluasi AKIP sengaja berkunjung ke Parepare dalam rangka melakukan evaluasi kinerja terhadap pemerintah kota. Dan kami bersyukur karena dengan adanya evaluasi ini, kami banyak belajar bagaimana seharusnya merencanakan sebuah kinerja,” jelasnya

Menurutnya ada sepuluh SKPD yang menjadi sampel penilaian yaitu Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Inspektorat, Dinas Perdagangan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas PU dan Penataan Ruang, Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP), Dinas Tenaga Kerja serta Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata

Lebih lanjut Ardian menjelaskan bahwa terdapat sejumlah indikator penilaian yang dievaluasi di antaranya evaluasi terhadap dokumen Rencana Perencanaan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis (Renstra) SKPD, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Rencana Kerja Anggaran (RKA), Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) serta Indikator Kinerja Utama (IKU), Perjanjian Kinerja 2016 dan Laporan Kinerja 2016. /(nir)