Bappeda Desak Percepatan Kinerja APBD SKPD

Komentar Dinonaktifkan pada Bappeda Desak Percepatan Kinerja APBD SKPD

apbd

Parepare – Kepala Bappeda Parepare, H. Iwan Asaad, AP, M.Si, mengingatkan kembali SKPD untuk melakukan percepatan penyerapan anggaran APBD maupun APBN Tahun Anggaran 2017. Hal ini dikemukakan dalam rapat koordinasi percepatan penyerapan anggaran APBD dan APBN di ruang pola kantor walikota beberapa waktu lalu.

“Saat ini kita sudah berada pada triwulan ke tiga. Saya berharap, progress kegiatan bisa berjalan sesuai rencana dan target,” ujar mantan Kabag Humas dan Kadis Kominfo ini.

Kepala bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda, Hj. Sitti Rahma Amir, M.Si, lalu menguraikan besaran target penyerapan APBN maupun APBD yang diatur berdasarkan surat direktorat jenderal perbendaharaan kementerian keuangan Republik Indonesia.

“Target penyerapan untuk APBN pada triwulan I sebesar 15 persen, triwulan II sebesar 40 persen, triwulan III 60 persen dan triwulan IV di atas 90 persen. Sedangkan target serapan untuk APBD ditentukan pada triwulan satu sebesar 25 persen, triwulan dua 50 persen, triwulan tiga 75 persen dan triwulan empat sebesar 100 persen,” urainya.

Rahmah menambahkan koordinasi percepatan penyerapan keuangan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa para pengguna anggaran segera melaksanakan langkah-langkah stategis pelaksanaan anggaran di antaranya melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana target dan output yang telah ditetapkan, menyelesaikan proses pembayaran untuk pekerjaan yang telah selesai sesuai ketentuan yang berlaku, serta menghindari penumpukan belanja pada akhir tahun anggaran dengan tetap memperhatikan pendapatan secara realistis. /nir